7 Cara untuk menghemat penggunaan baterai laptop



Laptop
Penggunaan laptop yang semakin menjamur dan bahkan menggeser peran sebuah PC tentu merupakan sebuah fenomena tersendiri. Dengan harga yang sudah jauh lebih murah dibanding beberapa tahun dan disertai dengan fungsionalitas yang mirip dengan sebuah PC maka laptop menjadi laris manis di pasaran.
Kelengkapan fitur serta fungsi yang dimiliki sebuah laptop sekarang ini memang banyak disukai oleh sebagian besar penggunanya tapi hal itu pun dapat membawa efek samping yaitu penggunaan baterai yang semakin boros.
Lalu adakah cara-cara untuk menghemat penggunaan baterai laptop?
Berikut ini 7 cara untuk menghemat penggunaan baterai laptop :
1. Kurangi penerangan layar laptop anda
Layar laptop merupakan salah satu bagian dari laptop yang menggunakan daya listrik paling besar. Anda bisa menghemat penggunaan daya listrik yang memakan baterai anda dengan mengurangi sedikit penerangan layar laptop anda. Untuk mengurangi penerangan layar laptop anda biasanya cukup menekan salah satu kunci F yang terdapat di keyboard, biasanya memiliki ikon matahari.
2. Ubah setingan power (daya listrik)
Windows Vista hadir dengan beragam fitur penghematan power yang memungkinkan anda mengatur penggunaan daya listrik dan menghemat baterai laptop tentunya. Ketik 'power options' di kotak Start Search, lalu akan muncul menu Select Power Plan, pilih Power Saver dari tiga daftar yang tersedia.
3. Matikan Wi-Fi
Umumnya laptop zaman sekarang dipasangi dengan kemampuan Wi-Fi. Dan seperti sudah dibilang di awal bahwa semakin bertambah fitur dari suatu laptop maka akan semakin besar penggunaan daya listriknya. Untuk itulah jangan selalu menyalakan Wi-Fi di laptop anda, matikan jika memang anda sedang tidak membutuhkannya.
4. Lepas periferal-periferal yang tersambung
Periferal-periferal seperti Flashdisk, Mouse USB dan webcam USB yang terpasang pada laptop anda akan membebani motherboard karena periferal tersebut mengambil daya listrik dari sana dan untuk menghemat baterai ada baiknya anda lepas semua periferal yang terpasang pada laptop jika sudah tidak diperlukan lagi.
5. Keluarkan cd yang terdapat di cd-rom/dvd-rom
CD yang berputar yang terdapat di cd-rom/dvd-rom akan memakan daya listrik, keluarkan cd tersebut seandainya anda sudah tidak memerlukannya.
6. Berinvestasi di beberapa hardware
Apabila anda termasuk seseorang yang sering menggunakan laptop untuk kepentingan di luar rumah maka mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk membeli baterai lain untuk laptop anda. Biasanya baterai yang terdapat di laptop merupakan baterai enam-cell dan anda bisa pertimbangkan untuk membeli baterai delapan-cell atau dua belas-cell.
7. Non-aktifkan beberapa fitur
Windows Vista hadir dengan beberapa fitur yang cukup 'wah' tapi sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan. Sebut saja Windows Aero dan Windows Sidebar yang akan memakan daya baterai anda lebih cepat terpakai. Non-aktifkan fitur-fitur itu untuk lebih menghemat baterai laptop anda.

Leave a Reply